Tutorial: Cara Membuat VPS di Vultr

Vultr.com adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa Virtual Private Server (VPS) dengan harga terjangkau. Harga terkecil yang mereka tawarkan adalah $5/bulan. Dengan spesifikasi penyimpanan SSD 25GB, 1 CPU, 1024 Memory dan 1000GB Bandwidth.

Vultr memiliki banya server di banyak negara dan diantaranya yang paling dekat dengan Indonesia adalah server Singapur. Selain itu sistem operia yang mereka tawarkan banyak. Diantaranya adalah CentOS, CoreOS, Debian, Fedora, FreeBSD, OpenBSD, Ubuntu dan Windows.

Selain sistem operasi dengan banyak pilihan, Anda bisa menggunakan Aplikasi yang mereka tawarkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam penggunaannya. Berikut daftarnya.

Server Aplikasi
Aplikasi Server

Pada kesempatan kali ini blog heyapakabar.com akan tutorial Cara Membuat VPS di Vultr. Bagi Anda yang belum punya akun Vultr.com silahkan mendaftar di Vultr.com.

Vultr mendukung beberapa metode pembayaran, diantaranya adalah Credit Card, Paypal, Bitcoin, Alipay, weChat Pay dan Gift Code.

Sesudah Anda memiliki Akun Vultr, silahkan login (masuk) ke Akun Vultr Anda.

Pada halaman pertama setelah masuk, klik tombol warna biru bulat. Di halaman berikutnya Deploy New Instance Anda akan disuguhkan beberpa pilihan bagaiman spesifikasi server yang ingin Anda buat.

Products
Products

Choose Server

Choose Server
Choose Server

Dibagian ini silahkan tentukan server mana yang ingin Anda pakai. Pada tutorial ini saya pilih Cloud Compute.

Server Location

Server Location
Server Location

Pada bagian Server Location silahkan Anda pilih mau dimana server yang akan Anda gunakan. Pada contoh ini saya menggunakan server yang letaknya di Singapure.

Server Type

Server Type
Server Type

Di sesi ini kamu tentukan mau pakai sistem operasi mana yang akan di jalankan pada server Anda nantinya. Dalam contoh ini saya memilih sistem operasi Ubuntu.

Sistem operasi ubuntu sangat mudah digunakan dan tutorialnya pun banyak jika Anda mengalami kendala.

Server Size

Server Size
Server Size

Server Size ini merupakan spek dari server yang akan Anda gunakan. Dalam contoh ini saya memilih yang $5/mo. Karena untuk memulai menjalankan blog atau aplikasi jangan terlalu lansung pilih besar.

Alasanya karena kalau spek segitu masih mumpuni kenapa harus yang besar. Selain itu pemborosan juga. Nah kalau sudah tidak mumpuni lagi kedepannya silahkan upgrade ke level yang di atasnya.

Additional Features

Additional Features
Additional Features

Dibagian Additional Features trakhir ini silahkan centang enable IPv6, Startup Script abaikan saja, Kecuali jika Anda tau fungsinya bisa di isi disini. SSH Keys bisa Anda isi dan bisa juga tidak. Kalau tau fungsinya silahkan isi. Server Hostname & Label diisi sesuai keinginan Anda.

Trakhir klik Deploy.

Tunggu sampai proses Deploy New Instance nya selesai. Silahkan cek email Anda. Dalam email tersebut ada detail akun Anda termasuk username dan password untuk login ke dalam server Anda.

Sampai disini tutorial Cara Membuat VPS di Vultr dari heyapakabar.com.

Jika ada pertanyaan atau mau menambahkan silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar atau mengirim pesan disini.

Tinggalkan komentar