Cara Mengirim Email WordPress Menggunakan SMTP Gmail

Secara default, WordPress menggunakan fungsi PHP mail untuk mengirim email yang dihasilkan WordPress/plugin kontak seperti Contact Form 7, WPForms dll .

Alasan paling umum Anda tidak menerima email adalah bahwa server hosting WordPress Anda tidak dikonfigurasikan untuk menggunakan fungsi PHP mail.

Pada postingan ini, heyapakabar.com membagikan tutorial Cara Mengirim Email WordPress Menggunakan SMTP Gmail untuk mengirim email WordPress menggunakan email Gmail.

Di tutorial ini Anda akan menggunakan bantuan sebuah plugin WP Mail SMTP by WPForms.

Manfaat menggunakan plugin WP Mail SMTP adalah memungkinkan Anda mengirim email WordPress dengan aman menggunakan akun Gmail atau G Suite Anda tanpa harus mengaktifkan aplikasi yang kurang aman di akun Anda.

Install Plugin WP Mail SMTP by WPForms

Pertama-tama Anda harus menginstal plugin WP Mail SMTP terlebih dahulu. Masuk sebagai Admin web Anda » Plugins » Add New. Lihat gambar di bawah ini.

Install WP Mail SMTP by WPForms
Install WP Mail SMTP by WPForms

Setelah berhasil menginstal dan mengaktifkan WP Mail SMTP, buka Pengaturan »WP Mail SMTP untuk membuka halaman pengaturan pluginnya.

Konfigurasi WP Mail SMTP
Konfigurasi WP Mail SMTP

Pada bagian From Mail dan From Name ini otomatis terisi dengan email yang Anda gunakan pada WordPress. Jadi biarkan saja bagian tersebut default.

Selanjutnya, Anda akan melihat bagian Gmail baru muncul. Di sini, Anda akan melihat bidang untuk Client ID dan Client Secret .

Konfigurasi WP Mail SMTP Gmail
Konfigurasi WP Mail SMTP Gmail

Untuk mendapatkan Client ID dan Client Secret untuk bidang ini, Anda harus membuat aplikasi web melalui akun Google Anda. Usahakan email yang digunakan sama dengan email yang terdaftar pada WordPress Anda.

Daftarkan aplikasi Anda untuk Gmail API di Konsol API Google

Untuk membuat aplikasi, pertama-tama Anda harus masuk ke akun Gmail Anda dan mengakses pendaftaran aplikasi Gmail .

Klik link diatas untuk membuka halaman Google ini di tab dan Anda akan membuat pengaturan aplikasi Anda, biarkan tab ini tetap terbuka.

Anda akan melihat formulir bernama “Daftarkan aplikasi Anda untuk API Gmail di Google API Console“.

Daftarkan aplikasi Anda untuk API Gmail di Google API Console
Daftarkan aplikasi Anda untuk API Gmail di Google API Console

Biarkan opsi default Buat proyek dan klik tombol lanjutkan. Pada halaman berikutnya Anda klik tombol Buka Kredensial.

API diaktifkan
API diaktifkan

Berikutnya Anda akan menambahkan kredensial pada project Anda.

Tambahkan Kredensial Pada Project Anda
Tambahkan Kredensial Pada Project Anda

Sesuaikan seperti pada gambar ilustrasi diatas.

Anda akan membuat ID klien OAuth. OAuth, atau Open Authorization, untuk memberikan izin bagi situs web Anda untuk menggunakan akun Gmail Anda untuk mengautentikasi email.

Untuk kolom Name , masukkan apa pun yang Anda suka atau biarkan nama default. Ini hanya untuk referensi dalam akun Google Anda.

Untuk asal JavaScript yang Sah, Anda harus memasukkan URL situs Anda.

Untuk mengisi bagia URI pengalihan yang Sah . Untuk mendapatkan URI untuk situs Anda, Anda harus kembali ke tab WordPress Anda. Pengaturan »WP SMTP Mail , Anda harus mencari di bawah bagian Gmail untuk bidang yang berlabel Authorized redirect URI.

Anda harus menyalin bagian ini, yang mudah dilakukan dengan mengklik tombol dengan ikon salin.

Setelah menyalin URI, kembali ke halaman Google API dan rekatkan ke bidang di bawah URI redirect yang Diotorisasi . Selanjutnya, Anda dapat mengklik tombol Buat ID klien .

Pada layar terakhir, klik I’ll do this letter untuk membuka halaman Kredensial.

Pada halaman Kredensial, Anda sekarang dapat melihat detail aplikasi web yang baru saja Anda buat. Untuk melihat Client ID dan Client Secret , klik ikon pensil.

Masing-masing harus disalin ke pengaturan SMTP WP Mail Anda kembali di layar admin WordPress Anda.

Setelah menyimpan pengaturan ini, halaman akan diperbarui. Namun, sebelum Google mengizinkan informasi ini digunakan untuk terhubung ke akun Anda, Anda harus memberikan izin.

Untuk melakukan ini, skrol ke bagian bawah halaman ini dan klik tombol berlabel Allow plugin to send emails using your Google account.

Ini akan membuka layar login untuk Google. Silakan dan masuk ke akun yang Anda gunakan untuk menyiapkan SMTP ini. Kemudian, Anda akan melihat layar meminta izin untuk situs ini untuk mengirim email atas nama Anda.

Saat Anda siap, klik tombol Izinkan untuk melanjutkan.

Selanjutnya, Anda akan dikembalikan ke pengaturan SMTP WP Mail Anda dan pesan sukses akan ditampilkan. Sekarang setelah koneksi selesai, Anda siap untuk mengirim email percobaan di bawah tab Email Test.

Ketika pesan pengujian telah dikirim, Anda akan melihat pesan sukses di bagian atas tab ini.

Seharusnya Anda menerima email percobaan di alamat email yang Anda masukkan.