Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Cara Optimasi WordPress Menggunakan CDN Statically

Menggunakan CDN Statically, salah satu cara untuk optimasi website WordPress adalah dengan menggunakan CDN yang bertujuan untuk mengurangi beban server website Anda. Selain itu, penggunaan Content Deliverfy Network (CDN) memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dan lainnya) dari lokasi server terdekat dengan pengguna yang mengakses website Anda. 

Cara Optimasi WordPress Menggunakan CDN Statically
Cara Optimasi WordPress Menggunakan CDN Statically

Pada tutorial ini akan membahas cara menggunakan CDN Statically pada WordPress. CDN Statically ini merupakan CDN gratis dari Indonesia yang didirikan oleh mas Frans Allen asal Yogyakarta.

Cara Menggunakan CDN Statically di WordPress

Cara penggunaan CDN Statically kali ini akan akan memperlihatkan penggunaanya pada dua plugin LiteSpeed Cache dan Plugin WP-Rocket.

Konfigurasi pada Plugin LiteSpeed Cache

Cara menggunakan CDN Statically pada WordPress dapat mengikuti cara dibawah ini langkah-demi langkah.

Total Time: 10 menit

Daftarkan Domain

Langkah pertam yang harus Anda lakukan adalah melakukan proses pendaftaran domain website Anda untuk mendapatkan API Key Statically. Anda bisa mengjungi halaman statically.
Generate API Key

Konfigurasi CDN Statically

Setelah pendaftaran selesai hingga mendapatkan API Key Statically. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada plugin. Ditutorial ini saya menggunakan plugin LiteSpeed Cache.

Silahkan masuk ke pengaturan plugin LiteSpeed Cache » Show Advanced Options » CDN. Pada halaman CDN ini silahkan pilih ON pada bagian Enable CDN. Dibagian CDN Mapping isi kolomnya dengan https://cdn.statically.io/sites/domain.com/ dan dibagian Original URLs diisi dengan //domain.com/

Lalu Simpan (save)
Konfigurasi CDN di LiteSpeed Cache

Konfigurasi pada Plugin WP-Rocket

Langkah pendaftaran sama dengan cara diatas, hanya saja beda di penggunaan plugin WP-Rocket saja. Penggunaannya sama saja cuman lebih simple dibanding LiteSpeed Cache. Lihat gambar dibawah ini :

Konfigurasi pada Plugin WP-Rocket
Konfigurasi pada Plugin WP-Rocket

Udah dulu ya tutorial cara menggunakan CDN Statically pada WordPress. Semoga tutorial ini dapat meningkatkan kecepatan loading WordPress. Kalau butuh jasa optimasi speed WordPress bisa menghubungi via kontak.

Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini jika Anda mengalami kesulitan dalam mengikutin tutorial ini dan jangan lupa bantu share atau bookmarks.


Related Post :




2 pemikiran pada “Cara Optimasi WordPress Menggunakan CDN Statically”

Tinggalkan komentar