Perbedaan SSD dan HDD

Mengetahui Perbedaan SSD dan HDD – Setiap perangkat elektronik, seperti komputer dan laptop pasti memiliki media penyimpanan, baik internal maupun eksternal. Perbedaan SSD dan HDD sebagai media penyimpanan sangatlah penting agar kita bisa memilih media yang tepat.

SSD (Solid State Drive) adalah media penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC atau chip di dalamnya. Sedangkan, HDD (hardisk) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data di sebuah komputer, laptop atau PC.

Perbedaan SSD dan HDD

Inilah 6 Perbedaan SSD dan HDD

Berikut adalah beberapa perbedaan SSD dan HDD yang mungkin saja kamu tidak ketahui. Simak beberpa perbedaannya:

1. Cara Kerja Penyimpanan

Kedua media penyimpanan ini memiliki cara kerja berbeda, di mana hardisk bekerja dengan menggabungkan sistem elektrik dan mekanik. Bagian mekanik akan diputar menggunakan komponen elektronik agar membaca atau menulis data lebih mudah.

Berbeda dengan SSD yang hanya memiliki sistem elektrik sehingga tidak ada bagian yang membuatnya bergerak selama membaca maupun menulis data pada laptop. Cara kerja SSD hampir sama dengan flashdisk maupun RAM yang terlihat lebih canggih.

Baca :  5 Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Internet Saat Pandemi

2. Tingkat Kemampuan Menulis dan Membaca Data

Perbedaan SSD dan HDD lain yang harus Anda ketahui adalah tingkat kemampuan menulis maupun membaca data. Dalam hal ini, SSD lebih unggul dibanding HDD karena sistem elektrik yang diandalkan memiliki kecepatan 8 kali lebih cepat.

Sekarang ini, sudah banyak pengguna laptop maupun komputer yang beralih ke SSD karena kecepatannya ini. SSD menjadi pilihan terbaik untuk pemrosesan data sehingga lebih efektif dan efisien karena Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

3. Berat Masing-masing

Berat masing-masing penyimpanan dipengaruhi oleh komponen yang ada di dalamnya. Semakin komplit dan banyak komponennya, maka semakin berat bobot dari media penyimpanan tersebut dan hardisk memiliki bobot yang lebih berat.

Bukan hanya komponen elektrik, hardisk juga memiliki komponen bergerak di dalamnya jadi tidak heran jika ukurannya juga lebih besar. Berbeda dengan ukuran SSD yang memiliki ukuran kecil, bahkan hanya sebesar 2,5 inch saja.

4. Fragmentasi Data

Pemencaran data-data yang tersimpan dalam media penyimpanan atau fragmentasi ternyata juga berbeda antara hardisk dan SSD. Hardisk sering kali mengalami fragmentasi karena kapasitas penyimpanan di dalamnya yang sudah penuh.

Sebelumnya, data tersimpan secara beraturan dan rapi namun seiring berjalannya waktu terjadi perubahan pada penyusunan data di dalam hardisk. Semakin banyaknya data dan penyusunan yang mulai berantakan ini dapat menyebabkan HDD melambat.

Baca :  Kupas Tuntas KVM dan OpenVZ, Perbedaan KVM vs OpenVZ dan Keunggulannya

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus melakukan defragmentasi pada hardisk agar kinerjanya kembali seperti semula. Sedangkan, fragmentasi tidak akan terjadi pada SSD karena penyimpanannya sudah mengandalkan chip flash yang lebih canggih.

5. Efek Penggunaan Penyimpanan

Jika Anda bertanya bagus mana antara SSD dengan hardisk, maka penting untuk mengetahui efek yang ditimbulkan dari penggunaan media penyimpanan tersebut. Efek samping yang muncul dipengaruhi oleh penerapan teknologi yang berbeda.

Suara berisik biasanya ditimbulkan saat penggunaan hardisk karena sistem mekanik yang sedang bekerja di dalam komponen HDD. Berbeda dengan suara halus dan pelan saat pemakaian SSD, bahkan SSD tidak mudah panas.

6. Harga yang Berbeda

Ditinjau dari komponen dan kualitas media penyimpanan, Anda pasti sudah tahu bahwa harga keduanya juga berbeda. SSD merupakan media penyimpanan yang lebih canggih jadi tidak heran jika harganya juga jauh lebih mahal dibanding HDD.

Biasanya, SSD ditawarkan dengan harga antara Rp 900 ribu sampai Rp 5 jutaan, tergantung pada spesifikasi dari media penyimpanan tersebut.

Penutup

Bagi kamu yang membutuhkan dan mencari media penyimpanan untuk laptop, PC atau komputer, pastikan untuk mengetahui perbedaan HDD dan SSD di atas. Dari artikel diatas kamu juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan SSD dan HDD.

Berencana untuk meningkatkan kecepatan akses pada laptop? Kamu bisa mengkombinasikan SSD dan HDD dalam satu laptop loh. Dengan memodifikasi bagian DVD yang ada pada laptop kamu dan menggantinya dengan Caddy.

Baca :  Menginap di Oyo Hotels Solusi Kamar Murah tapi Mewah

Nantikan artikel terbaru dari heyapakabar.com seputar WordPress dan Hosting dengan menekan tombol Izinkan ya.


Related Post :


Related Post :

Saya sudah menggunakan WordPress mulai tahun 2013 dan menjadi Speed Optimizer sejak tahun 2019 lalu . Sedang mendalami teknik optimasi server dan website supaya mendapatkan hasil optimasi yang maksimal.

Tinggalkan komentar