Saatnya Migrasi Ke Cloud VPS Murah Indonesia Yang Tepat & Scalable

Dalam mengelola sebuah website, ada saja masalah yang bisa kamu alami kapanpun itu. Salah satunya masalah yang sering terjadi adalah menurunnya performa website akibat terjadi lonjakan trafik.

Performa yang turun akan membuat situs kamu menjadi lebih lama dalam proses pemuatan (loading lambat). Pada beberapa kasus, masalah ini justru mengakibatkan error hingga situs website tidak bisa diakses oleh pengunjung.

Apabila masalah tersebut sering muncul hingga mengganggu aktifitas pada website, kamu harus segera melakukan upgrade server ke yang lebih mumpuni. Contohnya adalah dengan mengupgrade ke Cloud VPS.

Apa Itu Cloud VPS?

Jika berdasarkan pada pengertian di Wikipedia, VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah sistem pada server yang membagi resource dari server fisik ke beberapa cabang server virtual. Meskipun begitu, setiap resource atau sumber daya ini nantinya tidak akan berpengaruh langsung terhadap perangkat keras (hardware) server.

Dengan kata lain, VPS ini termasuk ke dalam teknologi virtualisasi yang hampir mirip dengan VirtualBox. Hal yang menjadi perbedaan antara keduanya adalah VPS berjalan pada Node atau Hypervisor di pusat data / data center. Keunikan dari teknologi ini adalah kamu mampu mengontrol secara penuh menggunakan akses root secara remote, alias jarak jauh.

Tidak sampai di situ saja, teknologi VPS juga mengalami pengembangan dan menghasilkan satu jenis baru yang diberi nama Cloud VPS. Sesuai dengan namanya, teknologi ini mengadaptasi sistem cloud modern yang akan membuat website kamu jadi lebih aman dan optimal.

Perbedaan VPS dan Cloud VPS

Dari pengertian Cloud VPS di atas, pastinya kamu bisa menyadari sedikit perbedaan dengan VPS biasa. Memangnya aspek sepertinya apa yang membedakan kedua teknologi ini? Simak klasifikasinya sebagai berikut.

Perbedaan VPS dan Cloud VPS dari Segi Teknologi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Cloud VPS menerapkan sistem teknologi terbaru bernama Cloud. Cloud memungkinkan kamu untuk mengakses suatu program melalui internet karena pada dasarnya sistem ini adalah teknologi pengiriman layanan komputasi. Server adalah salah satu hal yang termasuk di dalamnya.

Dengan menerapkan sistem Cloud, akhirnya Cloud VPS memiliki tiga teknologi pendukung, seperti High Availability, Distributed Storage, dan Scalable. Hal ini jelas menjadi perbedaan mencolok apabila bersanding dengan VPS biasa yang belum memiliki teknologi tambahan tersebut.

Perbedaan VPS dan Cloud VPS dari Segi Jalannya Server

Baik Cloud VPS maupun VPS biasa, keduanya adalah sama-sama teknologi yang mampu menopang suatu website dengan baik. Meskipun begitu, Cloud VPS memiliki keunggulan tersendiri tentang cara server berjalan.

VPS biasa akan berjalan pada single server saja dan tidak dapat dipecah. Sedangkan Cloud VPS justru berjalan di atas Cluster Server yang memungkinkan beberapa komputer server tetap bekerja dalam waktu yang sama. Hasilnya adalah ketersediaan atau uptime dari Cloud VPS jauh lebih optimal. Tidak hanya uptime saja, hal ini juga akan berpengaruh terhadap skalabilitas dan performa server.

Cloud VPS Indonesia
Soruce : Freepik.com

Perbedaan Cloud VPS dan Web Hosting Indonesia

Dari nama, Cloud VPS dan Web Hosting sudah tampak perbedaannya. Tetapi, beberapa orang justru masih sering menyamakan kedua hal ini hanya karena sama-sama server. Padahal, baik VPS maupun Web Hosting memiliki perbedaan mencolok dari beberapa aspek berikut.

Akses Root ke Server

Akses root adalah sebuah jenis akses yang memungkinkan kamu untuk masuk ke dalam sebuah server secara penuh. Ketika berhasil masuk, selanjutnya kamu bisa melakukan tindakan apa pun demi kebutuhan server.

Pada Web Hosting, kamu tidak akan mendapatkan akses root dari server. Kamu diberikan akses terhadap FTP, Email, dan lain sebagainya. Berbeda dengan Cloud VPS dimana kamu mendapat kelebihan khusus dari akses root dan bisa melakukan apa pun tanpa batas.

Spesifikasi Server

Perbedaan selanjutnya datang dari segi spesifikasi server yang terletak pada fleksibilitasnya. Pada Web Hosting, kamu tidak bisa memilih spesifikasi server. Berbeda dengan VPS karena kamu bisa memilih spesifikasi yang cocok, mulai dari RAM, core pada CPU, kapasitas SSD, hingga Bandwidth pada jaringan.

Fungsi dan Kegunaan Dari Cloud VPS Indonesia

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa Cloud VPS Indonesia memiliki peran sebagai server utuh, hanya saja berjalan secara virtual. Sebagai sebuah server, Cloud VPS memiliki tujuh fungsi utama yang terdiri dari:

  1. Sebagai penyimpanan dari file hosting
  2. Sebagai web hosting, namun memiliki skala lebih kecil
  3. Private Backup
  4. VPN
  5. Menampung trafik yang lebih besar
  6. Hingga server percobaan

Sedangkan dalam pengaplikasiannya, Cloud VPS berperan dalam beberapa poin sebagai berikut.

  1. Database Server
  2. VPN Server
  3. Aplikasi E-learning
  4. Aplikasi Sistem Informasi
  5. Website dengan jumlah trafik besar
  6. Email dan DNS Server
  7. Dedicated cPanel Hosting
  8. Proxy Server
  9. Aplikasi Custom lainnya

Keuntungan Menggunakan Cloud VPS

Dari pengertian dan fungsinya yang cukup luas, Cloud VPS cocok bagi kamu jika ingin membangun teknologi digital baru yang mengharuskan adanya peran server. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Cloud VPS memiliki kelebihan yang berbeda dari VPS biasa maupun Web Hosting. Berikut adalah keuntungan ketika kamu menggunakan Cloud VPS murah Indonesia.

1. Sistem yang Fleksibel

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari Cloud VPS adalah fleksibilitas. Dengan keuntungan ini, kamu bisa mengatur serta mengkonfigurasi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, kamu juga bisa upgrade maupun downgrade kapan pun waktunya tanpa downtime.

2. Jaminan Keamanan yang Terintegrasi

Dari segi keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena Cloud VPS memiliki keamanan yang terintegrasi. Hal ini karena Cloud VPS terus melakukan pembaharuan serta peningkatan sistem keamanan secara berkala.

Selain itu, teknologi ini juga memiliki wadah sendiri yang terisolasi untuk menampung semua data dan sumber daya. Dengan begitu, potensi gangguan dan ancaman juga turut berkurang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal serangan siber atau sejenisnya yang bisa merusak servermu.

3. Skalabilitas Tinggi Untuk Segala Kebutuhan

Skalabilitas adalah sebuah istilah untuk mewakili kemampuan suatu sistem atau jaringan dalam menghadapi penambahan beban yang bisa saja terus bertambah dari waktu ke waktu. Nah, Cloud VPS memiliki kelebihan dalam hal ini mengingat sistemnya yang berjalan pada Cluster Server.

Sebagai contoh, situsmu tiba-tiba mengalami lonjakan trafik yang cukup signifikan sehingga membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk menahan beban tersebut. Jika menggunakan Cloud VPS, kamu bisa meningkatkan skalabilitas untuk situs dengan menambah kinerja CPU dan RAM kapan pun selama kamu membutuhkannya.

4. Kualitas Server yang Handal

Dari tiga poin di atas, pastinya kamu sudah mengerti seberapa besar kualitas dari Cloud VPS Indonesia. Dengan semua kelebihan yang berpadu dengan ragam kegunaan membuat teknologi ini semakin bisa diandalkan.

Apabila menggunakan Cloud VPS, kamu bisa mendapatkan jaminan sumber daya sistem tanpa henti yang aktif selama 24 jam di sepanjang tahun. Karena memiliki ruang sendiri untuk menampung sumber daya, pastinya kamu akan mendapat performa yang lebih tinggi.

Tidak sampai di situ, keandalan dari Cloud VPS juga terdapat dalam hal efisiensi biaya. Dengan menerapkan sistem cloud, biaya dari VPS bisa jadi lebih rendah karena kamu hanya memerlukan biaya langganan dalam periode tertentu saja. Hal ini bisa menekan biaya asli yang terdiri dari sewa ahli, pembaharuan perangkat, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Menggunakan Cloud VPS di DomaiNesia

DomaiNesia adalah salah satu penyedia layanan Cloud VPS Murah Indonesia yang ada.di bawah PT. Deneva. Kredibilitas dari layanan yang diberikan sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Soal Cloud VPS, serahkan saja semuanya pada DomaiNesia. Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan Cloud VPS di DomaiNesia yang bisa kamu dapatkan.

1. Akses Mudah dan Sederhana

Bagi setiap individu, memiliki layanan yang mudah sangat menjadi primadona. Kemudahan dalam proses langganan Cloud VPS di DomaiNesia, bahkan sudah ada panduan yang bisa jadi tuntunan kamu.

Tidak hanya proses pemesanan saja, kamu juga bisa mendapat kemudahan dalam deploy Cloud VPS. Manajemen yang ada juga bisa kamu miliki lengkap dengan tampilan dashboard yang sederhana. Dalam dashboard inilah kamu bisa mengatur Cloud VPS kamu sesuai dengan kebutuhan.

2. Scalable, High Availability, dan Distributed Storage

Cloud VPS di DomaiNesia juga mendukung tiga kelebihan yang telah dibahas sebelumnya. Kamu bisa mendapat layanan Cloud VPS dengan spesifikasi yang beragam, mulai dari RAM, CPU, hingga SSD.

Kamu juga akan mendapatkan fasilitas tiga kali replika data secara real time ke tiga drive yang tersinkronasi. Dengan adanya fasilitas ini, kamu tidak perlu takut untuk kehilangan data meskipun salah satu server fisik mengalami gangguan.

Hal ini bisa terjadi karena Cloud VPS di DomaiNesia menggunakan sistem Cluster Server dimana setiap perangkat server akan saling melakukan distribusi data. Hasilnya, website kamu tetap aktif dalam kondisi yang optimal tanpa gangguan.

3. Penyimpanan Berkualitas Dengan Bantuan SSD

Untuk menopang kebutuhan bisnis kamu, DomaiNesia menggunakan penyimpanan dengan tipe SSD (Solid State Drive). Dengan tipe SSD, performa server akan lebih cepat daripada menggunakan Hardisk sebagai media penyimpanan.

4. Spesifikasi Node / Hypervisor

Sebagai wadah yang terpercaya, DomaiNesia tidak pernah melakukan layanan setengah-setengah dalam penyediaan layanan Cloud VPS. Node atau Hypervisor yang menjadi pondasi utama dari teknologi Cloud VPS disiapkan dengan spesifikasi andal.

Setidaknya, Node / Hypervisor di Domanesia menggunakan kombinasi Dual Intel Xeon E5, DDR4 ECC Registered Memory, dan NVMe SSD. Dengan spesifikasi ini, setiap kebutuhan server kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Pastinya dengan uptime yang lebih baik dibanding VPS biasa.

5. Virtualisasi Dengan Bentuk KVM

Kelebihan lain dari layanan Cloud VPS di DomaiNesia adalah bentuk virtualisasi yang menggunakan KVM. KVM atau Kernel Based Virtual Machine adalah bentuk virtualisasi Cloud VPS berdasar kernel server yang dinilai memiliki kualitas lebih optimal daripada bentuk virtualisasi lain.

5. Sistem Operasi yang Beragam Pilihannya

Tidak hanya fleksibilitas dari segi spesifikasi, sistem operasi yang DomaiNesia sediakan juga beragam untuk mendukung Cloud VPS kamu. Berikut ini adalah beberapa jenis sistem operasi (OS) yang bisa kamu pakai di DomaiNesia.

  1. Ubuntu
  2. Debian
  3. CentOS
  4. Opensuse
  5. Fedora

Dengan semua kelebihan itu, DomaiNesia bisa dijadikan rekomendasi sebagai penyedia Cloud VPS murah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu. Proses order juga sangat mudah dan semua layanan lengkap dengan panduannya. Tidak sampai di situ, DomaiNesia juga menyediakan layanan lain, seperti domain, hosting, hingga email hosting DomaiNesia.

Sudah saatnya kamu upgrade atau pindah ke Cloud VPS murah Indonesia di DomaiNesia yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan skalabilitas bisnis kamu. Untuk melakukan pemesanan, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi DomaiNesia. Jika butuh bantuan seputar Cloud VPS, cobalah untuk memeriksa FAQ, artikel panduan, hingga menghubungi support melalui live chat.


Related Post :


Related Post :

Avatar of A Adi Putra

Saya sudah menggunakan WordPress mulai tahun 2013 dan menjadi Speed Optimizer sejak tahun 2019 lalu . Sedang mendalami teknik optimasi server dan website supaya mendapatkan hasil optimasi yang maksimal.

Tinggalkan komentar