Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console Menggunakan DNS

Google Search Console adalah tools yang disediakan secara gratis oleh Google untuk membantu pemilik website mengetahui performa website mereka di Google Search Engine. Kemudian dari data yang ada bisa digunakan untuk pengembangan website kedepannya.

Dulu namanya Google Webmaster Tools yang sekarang dikenal dengan Google Search Console. Berupabahan nama ini pihak Google melakukan beberapa inovasi yang memudahkan penggunanya. Dalam artikel ini share fungsi dari dan cara verifikasi domain website ke Google Search Console.

Fungsi Google Search Console

Dengan adanya Google Search Console ini diharapkan membantu untuk memajukan website Anda. Tools ini menampilkan kinerja website yang bisa digunakan untuk memantau website mulai dari jumlah klik yang didapat ketika orang menelusuri konten Anda. Tidak hanya itu saja, tools ini juga dapat menampilkan speed website baik mobile ataupun PC, Keywords yang digunakan untuk menemukan website, Backlink yang merujuk ke website dan lain-lain.

Untuk Detailnya, Anda bisa pelajari sendiri atau pantau terus website heyapakabar.com ini untuk mendapatkan informasi seputar WordPress.

Langkah Verifikasi Domain ke Google Search Console Menggunakan DNS

Sebelum mengikutin tutorial ini, pastikan Anda memiliki full control terhadap hosting dan domain. Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk memodifikasi DNS domain website Anda. Selain itu juga sediakan email dari Gmail khusus untuk website Anda, kalau gak juga gak apa sih.

Pertama, Silahkan kunjung website resmi Google Search Console dan masuk menggunakan email yang sudah disediakan.

Kedua, pada halaman Selamat datang di Google Search Console silahkan masukan domain Anda seperti tampak dibawah ini lalu klik tombol Terus.

Selamat datang di Google Search Console
Selamat datang di Google Search Console

Ketiga, tahap ini akan muncul pop up memverfikasi kepemilikan domain melalui dadta DNS.

Memverfikasi Kepemilikan Domain Melalui DNS
Memverfikasi Kepemilikan Domain Melalui DNS

Keemapat, silahkan login ke cPanel website lalu klik DNS Zone Editor pada bagian domains dan klik tombol Manage pada domain yang akan di verifikasi.

Kelima, dihalaman DNS Zone Editor silahkan tambahkan DNS baru dengan menekan tombol Add Record.

DNS Record
DNS Record

Keenam, Tambahkan TXT Record dan menyalin record yang diberikan Google Search Console pada langkah ketiga dan klik tombol ADD RECORD.

Menambahkan TXT Record Google Search Console
Menambahkan TXT Record Google Search Console

Ketujuh, tunggu beberapa saat, lalu buka kembali halaman pada langkah ketiga dan klik tombol Verifikasi. Tunggu hingga Google memverifikasinya, jika gagal Anda bisa menunggu hingga propagasi lebih kurang 1×24 jam. Biasanya 30 menit sudah bisa lansung di verifikasi.

Kepemilikan Telah diverifikasi
Kepemilikan Telah diverifikasi

Kesimpulan

Dengan melakukan verifikasi domain di Google Search Console ini dapat membantu untuk menganalisa kinerja website Anda. Selain itu juga dengan tools ini Anda tidak perlu lagi menyisipkan kode verfikasi Google Adsense jika suatu saat Anda mendaftar menjadi member Adsense. Dan sangat direkomendasikan antara Google Search Console dan Google Analytics dibuhungkan.

Sampai disni tutorial kali ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman juga ya. Ada pertanyaan? silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.


Related Post :




Tinggalkan komentar