Cara Mengarahkan / Redirect Website dari HTTP ke HTTPS

Mengarahkan website dari HTTP ke HTTPS perlu dilakukan setelah Anda memasang SSL Certificate baik gratis atau pun yang berbayar.

Ada dua alasan utama harus mempertimbangkan untuk mengamankan situs web Anda dengan sertifikat SSL.

  • Keamanan – untuk memastikan data sensitif dienkripsi dari browser pengguna ke server web atau tepi jaringan. Memiliki SSL juga memberi kepercayaan kepada pengunjung bahwa website Anda aman.
  • Optimisasi mesin pencari (SEO) – Dengan menggunakan protokol HTTPS maka akan meningkatkan SEO website sebagai salah satu faktor perangkingan SERP.

Ada banyak cara untuk redirect website dari HTTP ke HTTPS ini, dan berikut ini adalah beberapa cara yang mudah dilakukan.

Mengarahkan website dari HTTP ke HTTPS di Nginx

Silahkan lakukan perubahan pada web server nginx Anda dengan membahkan satu baris perintah dibawah ini pada file wordpress.conf atau default.conf . Sebelum melakukan modifikasi sangat disarankan untuk melakukan backup file wordpress.conf atau default.conf.

return 301 https://$server_name$request_uri;

Simpan dan lakukan restart pada web server nginx Anda.

Redirect website dari HTTP ke HTTPS di Apache

Sama halnya dengan cara di web server nginx, pada web server Apache pun tidak jaub beda hanya saja beda di file konfigurasi dan bari perintahnya saja.

Lakukan backup pada file yang akan dimodifikasi, setelah itu lakukan modifikasi pada file httpd.conf menggunakan teks editor favorit Anda.

Tambahkan bari berikut pada akhir file konfigurasi server Anda.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}

Simpan dan lakukan restart Apache2

Pengalihan HTTPS melalui cPanel

Diasumsikan Anda menggunakan Share Hosting untuk menjalankan website WordPress Anda. Pastikan provider hosting Anda menawarkan Sertifikat SSL gratis dan dapat Anda gunakan.

Lakukan modifikasi pada file .htaccess

Untuk melakukannya Anda bisa masuk ke cPanel » Filemanager dan tambahkan kode dibawah ini pada akhir file .htaccess

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}

Lalu simpan.

Terakhir jangan lupa untuk melakukan perubahan pada website WordPress Anda. Caranya dengan masuk ke halaman dashboard WordPress » Pengaturan » Umum

Ubah link website Anda dari http:// menjadi https://

Mengarahkan website dari HTTP ke HTTPS
Mengarahkan website dari HTTP ke HTTPS

Jika mengalami kesulitan untuk melakukannya Anda bisa menghubungi saya via facebook chat. Atau Anda membutuh kan jasa pembuatan website WordPress murah sekaligus jasa optimasi WordPress bisa menghubungi saya.

Tinggalkan komentar