Paling Mudah Cara Install htop di CentOS 8

Salah satu cara untuk memantau atau memonitor sistem di VPS (Virtual Private Server) kamu bisa coba dengan menggunakan perintah htop.

htop merupakan salah satu perintah yang dapat menampilkan metrik penggunaan sumber daya (resource), tampilan tersebut memiliki warna yang berbeda sehingga kamu mudah memonitornya.

Ketika kamu menjalankan perintah htop, informasi yang akan kamu lihat berupa penggunaan RAM, CPU, Load Average, Uptime dan daftar proses yang berjalan. Untuk menjalankan perintah htop di VPS CentOS 8 kamu tentu harus install htop terlebih dahulu. Berikut ini caranya:

Langkah-Langkah Install htop

1. Mengaktifkan Repositori EPEL

Untuk melakukannya kamu bisa menjalankan perintah dibawah ini

$ dnf install https://dl.fedoraproject.org/pub/epel/epel-release-latest-8.noarch.rpm

2. Pembaruan Sistem Operasi (CentOS 8)

Setelah kamu berhasil mengkaifkan repositori EPEL, kamu harus melakukan update sistem operasinya terlebih dahulu dengan menjalankan perintah ini:

$ dnf update

3. Install htop

Jika kamu telah selesai melakukan update pada sistem operasi CentOS 8, berikutnya adalah melakukan proses install tools htop, dengan menjalankan perintah dibawah ini:

$ dnf install htop

Sampai disini kamu sudah berhasil menginstall tools htop di VPS kamu. Untuk mengetahui informasi tentang htop kamu bisa menjalankan perinta ini:

$ dnf info htop

Hasilnya akan terlihat seperti ini:

Informasi htop
Informasi htop

Setelah kamu berhasil melakukan proses install, nah untuk melihat sistem pada VPS kamu bisa menjalankan perintah sederhan berikut:

$ htop

Maka kamu akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini:

Monitoring VPS Menggunakan htop
Monitoring VPS Menggunakan Perintah htop

Penutup

Di artikel ini kamu sudah berhasil mempelajari bagaimana cara install htop di CentOS 8 dengan benar, berikut juga dengan cara menggunakannya untuk memonitoring VPS yang kamu miliki.

Baca :  Paling Mudah Cara Install Glances di CentOS 8

Nantikan artikel tools monitoring sistem server di artikel berikutnya bagaimana cara install Glances di sistem operasi CentOS.


Related Post :




Avatar of A Adi Putra

Saya sudah menggunakan WordPress mulai tahun 2013 dan menjadi Speed Optimizer sejak tahun 2019 lalu . Sedang mendalami teknik optimasi server dan website supaya mendapatkan hasil optimasi yang maksimal.

Tinggalkan komentar